Wednesday, August 6, 2008

Futur yang Berkepanjangan

Ass wr wb

Mungkin Saya malu untuk mengirim ini, tapi pergulatan hati Saya yang mengguncang hati ingin mencari cahaya hati, Saya dulunya adalah orang yang tidak pernah ketinggalan untuk sholat dan aktif di pengajian, namun semenjak berkutat di dunia kerja dan jauh dari orang-orang yang shaleh semua hal-hal yang baik itu saya tinggalkan, Hampir pernah berpikir apakah saya harus keluar kerja, karena lingkungan kerja dipenuhi oleh orang-orang yang senang bermaksiat.

Apakah solusi terbaik bagi saya,

Amier

Jawaban

Wa'alaikum salam wr wb.

Saudara Amier, bekerja merupakan kegiatan yang mulia. Di mana di sanalah seseorang dapat berkembang dan meningkatkan kualitas dirinya. Ia juga menjadi ibadah yang bernilai tinggi bila dilaksanakan oleh seorang suami atau kepala keluarga yang diniatkan untuk menghidupi isteri dan anak-anaknya.

Bekerja juga menjadi sebuah ujian bila kita tidak dapat mensyukuri dan melaksanakan dengan sungguh-sungguh pekerjaan yang kita lakukan di mana sudah menjadi tanggjawab kita bila pekerjaan itu harus kita kerjakan.

Bekerja juga menjadi bencana, bila kita menjadikannya nomor wahid melebihi aktifitas ibadah. Lebih mementingkan bekerja dibandingkan melaksanakan shalat fardhu, lebih baik masuk kerja dibandingkan puasa dan sebagainya. Ia menjadi segalanya karena kuatir dengan rezeki yang diterimanya serta takut bila dikeluarkan dari kantor atau pabrik serta menjadi pengangguran. dibandingkan bila ia dikeluarkan dari dunia dan menjadi penghuni neraka kelak. Terlebih bila bekerja di tempat yang tidak halal. Nauzubillahi min dzalik.

Saudara Amier, solusi dari permasalahan Anda hanyalah pada fokus Anda dalam memilih di antara keduanya. Tetapkan hati Anda untuk selalu dan terus untuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

Carilah waktu-waktu luang Anda untuk melaksanakan perintah Allah. Bukankah Anda punya hari Libur, waktu istirahat serta beberapa jam dari sehari yang pastilah Anda tidak berkutat terus untuk bekerja.

Gunakan secara efektif waktu-waktu tersebut untuk meningkatkan ubudiyah Anda sebagai sarana meningkatkan kualitas keimanan Anda.

Segera cari teman baru. Gantilah Lingkungan Anda dengan lingkungan orang-orang yang selalu sholat dan melaksanakan perintahNya serta menjauhi segala laranganNya.. Mereka yang Anda katakan sebagai orang-orang sholeh pastilah ada didekat Anda, Tinggal Anda sekarang untuk menghampiri dan segera mendekatinya. Bergabunglah dalam kelompoknya sehingga Anda mempunyai lingkungan yang baru.

Apakah pekerjaannya Anda berbau maksiat? Bila ya, tentu saja segera meninggalkan pekerjaan itu serta mencari pekerjaan baru, Insya Allah bila untuk kebaikan pastilah akan mudah mendapatkannya kembali.

Namun bila pekerjaan yang Anda geluti itu adalah pekerjaan yang baik. Bekerjalah seperti biasa dan bersungguh-sungguhlah untuk merubah diri. Karena yang perlu dirubah adalah diri Anda dan bukan pekerjaan Anda.

Yakinlah bahwa Anda adalah orang yang luar biasa dan akan mendapatkan pahala yang luar biasa pula. Karena Anda beribadah di tengah-tengah orang yang tidak mengerjakan perbuatan mulia tersebut. Dan pastilah Allah melihat 'jihad" yang Anda lakukan untuk menjadi orang yang beriman lagi bertaqwa.

Semoga bermanfaat

No comments: