Friday, September 5, 2008

Film Kartun Spongebob Promosikan Homoseksual?

Sebuah film kartun yang paling digemari anak-anak SpongeBob, dicurigai para peneliti telah mempromosikan gaya hidup gay dan homoseksual pada anak-anak. Hidayatullah.com--Sejumlah media massa AS melaporkan bahwa kartun Spongebob yang paling digemari anak-anak sekarang ini mempomosikan homoseksualitas. ?Ada yang ganjil?, kata Alex Fung, seorang desainer di New York kepada media, ?Ia tak begitu menampakkan karakter maskulin, terlalu lembut?.

Ketika pencipta kartun Spongebob dan pengisi suaranya, Stephen Hillenburg dan Tom Kenny diwawancarai untuk acara talkshow di TV atau radio, mereka selalu menghindar ketika diminta menjelaskan orientasi seksual mereka. Hillenburg bersikukuh menolak bahwa tokoh kartunnya diarahkan menjadi gay.

Tetapi para penggemarnya mengungkapkan bahwa karakter-karakter yang diperlihatkan oleh Spongebob sebagai ciri-ciri homoseksualitas a.l: Flamboyan, penuh emosi, selalu telihat periang dan tak jarang bernyanyi bersama rekan prianya, Patrick dan teman wanitanya yang berotot, Sandy Squirrel.

"Aku harus selalu memesan ulang hal ini berulang kali lebih dari yang bisa kuhitung, "kata Roger Roth, seorang pemilik toko kedai yang baru di Manhattan, mengomentari boneka-boneka Spongebob yang selalu menyanyikan kata, "go self."

Dalam sebuah VCD baru yang dibagikan kepada 61.000 ribu sekolah di seluruh negeri, para aktivis homoseksual menggunakan karakter-krakter TV populer untuk anak-anak seperti Spongebob squarepants dan si dinosaurus Barney untuk mendoktrin anak-anak supaya mereka nanti mengikuti gaya hidup mereka.

Distribusi kartun ini, yang disponsori oleh FedEx, akan bersamaan dengan tayangan video 11 Maret dengan Nickelodeon, PBS dan saluran Disney dalam acara hari peringatan nasional ?We Are Family?.

Peneliti AFA, Ed Vitagliano, melihat proyek itu sebagai pintu gerbang memasuki diskusi sekunder tentang homoseksualitas, sambil menekankan bahwa lembaga/yayasan itu memiliki sebuah ikrar toleransi dalam websitenya yang menyebutkan bahwa anak-anak didorong untuk berani menunjukkan jati diri mereka termasuk tentang orientasi seksual mereka .

?Ketika kita tengah menginginkan agar setiap orang menghormati keyakinan orang lain, kita tidak menganggap kartun ini tepat untuk tayangan anak-anak sebagai upaya mendoktrinasi mereka agar menerima homoseksualitas," katanya.

Vitagliano menyatakan bahwa lembaga / yayasan itu tengah mempekerjakan sebuah dengan figur/idola anak-anak semisal Arthur, Dora the Explorer, JoJo, Clifford the Big Red Dog, Big Bird dan Bob the Builder.

Tujuannya adalah mengajak anak-anak agar masuk dalam website lembaga itu, dan disana mereka akan dijelaskan lengkap tentang homoseksualitas, katanya.

Seorang produser video, Christopher Cerf, menyebut video itu sebagai sebuah peristiwa yang tak terduga.

?Untuk pertama kalinya, karakter-karakter yang berasal dari anak-anak populer muncul bersamaan dalam sebuah video yang sama?, katanya dalam rilis berita November, Para produser dan aktornya menjalankan dan menyampaikan pesan proyek itu.?

Lembaga We Are Family didirikan oleh penulis lagu dan penyanyi bersaudara, Nile Rodgers, yang menulis lagu hit dan direkam pada tahun 1979 oleh Sister Sledge.

Videonya didanai dengan dana bantuan dari Toni Mendez Shapiro estate.

Kerjasama dan persatuan adalah nilai terpenting yang bisa ajarkan kepada anak-anak, ? kata Rodgers, ?Kami yakin ini adalah inti dari langkah pertama untuk mencintai tetangga.?

Lembaga We Are Family menyebutkan beberapa mitranya dalam produksi video ini a.l ; Anti-Defamation League (Liga Anti Fitnah), Crown Theatres, Disney Channel, FedEx, Nickelodeon, HIT Entertainment, Nile Rodgers/Sony Publishing/The Bernard Edwards Estate/Warner Chapel, Nelvana, PBS, Scholastic, Sesame Workshop, Toni Mendez Shapiro Estate dan WGBH-T di Boston.

Film Spongebob, Dora The Explorer dan Marsupilami adalah film animasi yang paling digemari anak-anak Indonesia saat ini mengalahkan film kartun Mickey Mouse atau Teddy The Bear.

Tingginya minat anak-anak terhadap film tersebut memberikan inspirasi para pengusaha untuk mendesain model baju tokoh kartun "Dora The Explorer". Termasuk boneka Spongebob banyak digandrungi anak-anak.

No comments: